alur Permohonan Pembetulan SPPBMCP

Jika Billing sudah terbit pada halaman beacukai.go.id/barangkiriman namun tidak sesuai dengan harga/nilai impor barang kiriman TeBar,

TeBar dapat mengajukan permohonan pembetulan SPPBMCP, TeBar dimohon untuk melampirkan :

  1. Form Surat Permohonan Pembetulan ->bit.ly/FormatSuratPembetulan
  2. Invoice (menguraikan jumlah, jenis, dan harga barang)
  3. Bukti bayar (bukti transfer, tagihan CC, paypall, dsb)
  4. Kartu Identitas (KTP).
  5. NPWP

TeBar dapat mengirimkan dokumen pelengkap tersebut ke email bcpasarbaru@customs.go.id dalam bentuk file pdf. Proses pembetulan hanya dapat kami proses jika dokumen lengkap kami terima dalam jangka waktu 30 hari sejak terbit sppbmcp atau atas billing tersebut belum dilunasi.Selanjutnya, mohon menunggu proses penelitian maksimal 14 hari sejak form diterima. Mohon cek berkala pada website www.beacukai.go.id/barangkiriman.

Selain itu, terdapat proses Pembetulan dibagi menjadi dua kategori yakni sebagai berikut:

Pembetulan kategori Barang Pindahan:

  1. Surat KBRI dan lampiran Daftar barang pindahan
  2. Boarding pass saat ke LN dan kembali ke Indonesia
  3. Surat Keterangan selesai bertugas/belajar/kuliah
  4. Surat Tugas ke LN/Surat diterima sekolah ke LN
  5. ID Card study di LN
  6. Paspor/VISA
  7. Cap paspor kedatangan di Indonesia

Pembetulan Nilai Pabean:

  1. Invoice/screenshot order
  2. Bukti pembayaran
  3. Link pembelian
  4. KTP dan NPWP

Batas pengajuan pembetulan 30 hari sejak penetapan SPPBMCP
Proses pembetulan : 14 hari kerja