, ,

Handphone, Komputer Genggam dan Tablet tak dapat sinyal ? BC Pasar Baru selenggarakan Webinar Registrasi IMEI

Regulasi registrasi IMEI menjadi salah satu kebijakan baru yang telah diimplementasikan oleh Pemerintah Indonesia per April 2020. Melalui KOMINFO dan KEMENPERIN, regulasi IMEI diintegrasikan kepada Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terkait importasi barang berupa Handphone, Komputer Genggam dan Tablet.

Bea Cukai Pasar Baru sebagai kantor yang memiliki mandatory terkait registrasi IMEI melalui barang kiriman luar negeri dan juga barang penumpang diluar kawasan pabean telah melakukan sosialisasi webinar tentang Pedoman Registrasi IMEI, melalui aplikasi video conference zoom meeting, pada Rabu (23/02).

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Pasar Baru Kunawi. Dalam sambutannya, Kunawi menyampaikan pentingnya sosialisasi IMEI yang perlu digemakan karena merupakan kebijakan baru yang sangat dekat dengan perilaku masyarakat yakni belanja online dari luar negeri. Pada kesempatan yang sama, materi terkait Pedoman Registrasi IMEI ini dibawakan oleh pejabat fungsional PDTT, Taufik Suharnanda. Taufik memberikan penjelasan, terkait mekanisme regulasi pendaftaran IMEI melalui barang kiriman dan juga barang penumpang.

Mekanisme melalui barang kiriman sendiri, akan dilakukan penginputan IMEI oleh pejabat bea cukai berdasarkan declare dari penyelenggara pos berdasarkan informasi dari paket. Sedangkan, untuk pendaftaran IMEI melalui bandara maksimal 60 hari sejak tanggal kedatangan, dengan membawa dokumen berupa paspor, boarding pass, invoice, bukti bayar, NPWP serta nomor IMEI yang akan didaftarkan.

Pengenaan bea masuk dan pajak dalam rangka impor untuk HKT yang melalui barang kiriman adalah tujuh setengah persen untuk bea masuk dan sepuluh persen untuk PPn. Sedangkan untuk pendaftaran dari terminal bandara/pelabuhan tarif bea masuk sebesar sepuluh persen, PPn sepuluh persen dan PPh sepuluh persen jika memiliki NPWP.

Webinar tersebut terbuka untuk seluruh lapisan masyarakat umum ataupun mahasiswa dan pelajar. Antusias webinar Pedoman Registrasi IMEI ini dapat dilihat dari banyaknya peserta yang mendaftar dan memberikan respon pertanyaan kepada narasumber.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *