, ,

Edukasi interaktif kepada masyarakat umum melalui Webinar Impor Barang kiriman

Dalam rangka perubahan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 199 tahun 2019 terkait dengan adanya perubahan kebijakan deminimus value terhadap Ketentuan Importasi Barang Kiriman yang sebelumnya USD 75 menjadi USD 3, yang mulai berlaku sejak 30 Januari 2020. Atas perubahan PMK diatas, Bea Cukai selaku instansi yang bersinggungan langsung dengan pelaksanaan peraturan tersebut, berkewenangan memberikan sosialisasi dalam bentuk edukasi interaktif kepada pengguna jasa atau dalam hal ini masyarakat umum, yang sehari-harinya melakukan impor perseorangan atau badan usaha melalui jasa kiriman Pos Internasional.

Bea Cukai Pasar Baru selaku instansi yang memiliki tugas dan fungsi terhadap proses importasi barang kiriman melalui jasa Pos Indonesia, melalui Subseksi Penyuluhan dan Layanan Informasi menyelenggarakan Webinar Sosialisasi Barang Kiriman melalui video conference zoom meeting pada Kamis (27/08). Diselenggarakannya webinar ini dalam rangka membangun sinergi yang baik dengan pengguna jasa serta memberikan sosialisasi dan edukasi terkait Peraturan Menteri Keuangan Nomor 199/PMK.010/2019 tentang Ketentuan Kepabeanan, Cukai, dan Pajak atas Barang Impor Kiriman.
Webinar sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Kantor Bea Cukai Pasar Baru, Kunawi. Dalam sambutannya, Kunawi menyampaikan bahwa dengan pelaksanaan acara ini diharapkan pengguna jasa dapat memahami peraturan terbaru mengenai barang impor kiriman, yaitu Peraturan Menteri Keuangan Nomor 199/PMK.010/2019 yang mulai berlaku 30 Januari 2020 agar tidak menimbulkan kesalahpahaman saat dikenakan bea masuk dan pajak dalam rangka impor. Pada kesempatan tersebut, materi disampaikan oleh narasumber yaitu salah satu pegawai Bea Cukai Pasar Baru dibagian Seksi Pelayanan Kepabenan dan Cukai dan Dukungan Teknis, Taufik Suharnanda.
Untuk memastikan bahwa penyampaian materi dapat diterima baik oleh peserta, panitia memberikan pengayaan materi yang dikemas secara menarik dalam bentuk aplikasi quizziz yang diikuti oleh seluruh peserta webinar.

Dengan adanya webinar sosialisasi barang kiriman ini, diharapkan pengguna jasa dapat memahami peraturan terbaru barang impor kiriman sehingga memudahkan dan mempercepat berjalannya proses kepabeanan barang impor kiriman.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *