,

Mengenal lebih dekat Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG)

[Jum’at, 13 Maret 2020] Dalam rangka meningkatkan keterampilan pegawai untuk meningkatkan tugas dan fungsi pelayanan, menambah wawasan dan pengetahuan pegawai, Kantor Bea Cukai Pasar Baru mengadakan Program Pembinaan dan Keterampilan Pegawai (P2KP) dengan tema Implementasi Pengarusutamaan Gender (PUG) yang bertempat di aula Kantor Bea Cukai Pasar Baru.

Acara yang dihadiri oleh seluruh pegawai ini, dibawakan langsung oleh Dwi Wahyu Handayani selaku Kepala Urusan Tata Usaha. Dalam pemaparannya dijelaskan bagaimana peran perempuan dalam dunia pekerjaan, termasuk salah satunya di Kantor Bea Cukai Pasar Baru.

Secara singkat Gender berbeda dengan jenis kelamin karena gender adalah suatu perbedaan peran dan tanggung jawab wanita dan pria yang dibentuk atau dikonstruksikan oleh masyarakat dan bersifat dinamis. Lebih lanjut, dengan definisi yang benar tentang gender, diharapkan masyarakat bisa berlaku sebagaimana pria atau wanita dengan seperangkat hak dan status yang meliputinya.

Dalam masyarakat banyak terjadi kesalahpahaman atas gender dengan wanita dan feminisme. Jika dilihat dari definisi tadi, gender bukan memberikan hal-hal spesial kepada wanita melainkan memberikan kesempatan yang sama kepada pria dan wanita atas suatu hal dengan menimbang kebutuhan dan kesulitannya.

Diharapkan dengan acara ini seluruh pegawai Kantor Bea Cukai Pasar Baru dapat memahami dan menerapkan pengarusutamaan gender sesuai dengan Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2000 tentang Pengarusutamaan Gender dalam Pembangunan Nasional.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *