, , ,

P2KP mengenai Identifikasi Keaslian Pita Cukai Desain Tahun 2020

[Kamis, 13 Februari 2020] Bertempat diaula KPPBC TMP C Kantor Pos Pasar Baru telah dilaksanakan P2KP mengenai Identifikasi Keaslian Pita Cukai Desain Tahun 2020. Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai, mengeluarkan peraturan tentang pita cukai yang tertuang pada PER-16/BC/2019 tentang Bentuk Fisik dan/atau Spesifikasi Desain Pita Cukai Hasil Tembakau dan Pita Cukai Minuman yang Mengandung Etil Alkohol Tahun 2020.

Materi P2KP disampaikan langsung oleh Wahid Nurdi Hamzah selaku Kasubsi Penindakan dan Sarana Operasi. Dalam pemaparan tersebut, Wahid menyampaikan beragam ciri dan spesifikasi fisik mengenai pita cukai.

Pada acara ini peserta P2KP diberikan kesempatan untuk mempraktikkan secara langsung cara untuk mengidentifikasi keaslian pita cukai dengan menggunakan kasat mata, kaca pembesar, scanning menggunakan holoreader dan lampu ultra violet (UV).

Pita cukai sendiri merupakan tanda pelunasan cukai dengan cara pelekatan untuk barang kena cukai, diantaranya rokok Sigaret, Cerutu, Hasil Tembakau Lainnya dan Minuman Mengandung Etil Alkohol.Desain pita cukai dilakukan pembaharuan berupa desain dan modifikasi tiap tahunnya untuk meminimalisir pelanggaran, karena pita cukai tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan negara, apabila banyak pita cukai palsu, maka yang paling mendapat efek kerugiannya adalah negara

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *