, , ,

Joint Inspection dan Serah Terima Perkuat Hubungan Bea Cukai dengan Balai Karantina Pertanian

Kamis, 13 Februari 2020 – Bertempat di aula KPPBC TMP C Kantor Pos Pasar, Bea Cukai Pasar mengadakan acara serah terima dengan Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok atas paket-paket kiriman pos yang tidak dipenuhi izin pengeluaran karantinya.

Serah terima dilakukan secara langsung oleh Kunawi selaku Kepala Kantor Bea Cukai Pasar kepada Ir. Purwo Widiarto, M. MA selaku Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok, dengan disaksikan oleh Kepala SPP Jakarta 10900 PT Pos Indonesia, Batu Binumbun Sianturi.

Paket tersebut merupakan paket-paket tegahan dari luar negeri yang melalui PT. Pos Indonesia yang tidak dipenuhi izin pengeluaran Karantinanya. Paket yang di serahterimakan antara lain berisi Gecko, Laba-laba, Tarantula, Daging, Bulu Unggas, Keju dan Tanduk Rusa.
Selanjutnya paket-paket tersebut nantinya akan diproses lebih lanjut oleh Karantina sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain melakukan serah terima paket tegahan Lartas, Bea Cukai Pasar Baru dan Balai Besar Karantina Pertanian Tanjung Priok juga membahas tentang pengamanan paket-paket berbahaya lainnya khususnya paket yang membawa hama penyakit, sekecil apapun itu harus menjadi atensi lebih, agar hama penyakit tersebut tidak menyebar luas masuk ke Wilayah Indonesia, khususnya paket-paket yang berisi benih.

Dalam acara tersebut diharapkan juga agar membangun hubungan kerja antara Bea Cukai dan Karantina yang lebih baik lagi, agar nantinya dapat saling melengkapi dan mendukung demi terciptanya sinergi dalam pengawasan, khususnya untuk paket-paket berbahaya dari luar negeri yang masuk ke Wilayah Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *