Profesionalisme dan Sinergi Organisasi Mengawali Langkah Kerja KPPBC TMP C Kantor Pos Pasar Baru

Sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 188/PMK.01/2016 tentang Organisasi dan Tata Kinerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), terhitung Rabu, 6 Desember 2017, KPPBC Tipe Pratama Kantor Pos Pasar Baru resmi naik tipologi menjadi KPPBC Tipe Madya Pabean C Kantor Pos Pasar Baru. Dengan naiknya tipe kantor Bea Cukai Pasar Baru, maka tentunya diikuti dengan peningkatan intensitas kerja sehingga perlu ada peningkatan kemampuan dalam melaksanakan tugas yang diberikan, menambah pengetahuan terhadap impor barang kiriman dan perlu adanya pertukaran informasi yang aktif antar Instansi terkait, yakni PT Pos Indonesia, mengenai proses bisnis penanganan Impor Barang Kiriman.

Berkaitan dengan hal tersebut, bertempat di Ruang Prisma Lantai 3 Gedung Pos Ibukota, Bea Cukai Pasar Baru dan PT Pos Indonesia mengadakan Sosialisasi mengenai Penanganan Kiriman Pabean. Berawal dari ide Kepala Kantor KPPBC TMP C kantor Pos Pasar Baru, Bapak Kunawi, untuk menyatukan persepsi dan sistem layanan Impor Barang Kiriman, Kepala Regional 4 Jakarta PT Pos Indonesia, Bapak Pupung Purnama mengundang para penyelenggara pos yang meliputi para Kepala Cabang Pos Wilayah Regional 4 meliputi 20 Kantor Pos Antaran.

Gambar: Sosialisasi Bea Cukai Pasar Baru dan PT Pos Indonesia

Gambar: Saling bertukar pendapat mengenai isu yang sedang dibahas

Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan sinergitas antara Bea Cukai Pasar Baru dan PT Pos Indonesia sehubungan dengan Kantor Pos Pasar Baru yang menangani paket kiriman Internasional wilayah pengawasan Jabodetabek-Banten ditunjuk sebagai Kantor Percontohan (benchmarking) untuk Kantor Pos Serah Lainnya. niagatour Dengan meningkatnya sinergitas antar kedua instansi, maka akan timbul rasa saling percaya yang tinggi dan saling berkomitmen kuat untuk melakukan perbaikan kualitas kedepannya.

Dalam Sosialisasi tersebut, juga menyinggung permasalahan yang sering dihadapi diantaranya proses penyampaian surat konfirmasi (NPD dan SPBL) kepada pengguna jasa, pengembalian barang seutuhnya (retur) ke negara asal, bagaimana sarana penyampaian dokumen pelengkap dari pengguna jasa, sistem penyimpanan atas barang-barang kiriman (inventory system) dan sistem kontrol dari Kantor Pos terkait penyerahan barang kiriman impor yang ditolak, diterima, dan/atau diretur.

Dari kegiatan Sosialisasi tersebut, dihasilkan adanya kesepakatan dan komitmen bersama antara Bea Cukai Pasar Baru dan PT Pos Indonesia untuk menangani dan mengatasi permasalahan yang ada sehingga proses bisnis atas pengeluaran barang kiriman impor dapat dilakukan lebih cepat.

2 replies
  1. Yayan Suyana
    Yayan Suyana says:

    Mau cek barang kiriman saya, dari Florida US ke Bekasi, kok udah ampir 2 bulan ga sampe2. Saya coba cerk by tracking number, infonya masih di bea cukai. Saya harus kontak ke mana ya, untuk nanya prosessnya?

    Hatur nuhun

    Reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *